Antisipasi Gempa Bumi

Antisipasi Gempa Bumi :
1. Yang harus dilakukan pada saat gempa bumi terjadi.
1. Jika anda didalam ruangan, hindari dari benda-benda berat yang mudah jatuh, berlindunglah dikolong meja atau perabot lain yang dianggap kuat dan aman. Peganglah kaki meja atau perabot lain dimana anda berlindung dan waspada jika perabot tersebut bergeser. Tunggu sampai getaran berhenti, dan jika keadaan aman bergeraklah untuk pindah ketempat yang lebih aman dan waspada terhadap benda-benda yang mudah jatuh seperti kaca, perabot-perabot yang berat, dan lain-lain serta yang paling penting adalah anda harus tenang.
2. Jika anda diluar ruangan, cari tempat yang terbuka, hindari dari gedung-gedung, aliran listrik, pohon-pohon besar dan lain-lain.
3. Jika anda sedang mengemudi, berhentilah jika keadaan aman dan usahakan masi didalam kendaraan, hindari jembatan terowongan dan aliran listrik.
4. Jika anda digunung atau dilereng yang tidak stabil hindari jatuhan batu atau benda – benda lain yang mungkin bergerak atau jatuh akibat gempa.
5. Jika anda di pantai, waspadalah terhadap gelombang pasang larilah ketempat yang lebih tinggi dan jangan mendekat kearah laut.
2. Yang harus dilakukan setelah gempa bumi terjadi.
a) Terhadap orang yang luka berat, jangan ditinggalkan sendirian dan jangan dipindahkan kecuali kalau mereka dalam bahaya yang segera akan menambah luka lagi.
b) Waspada terhadap kebakaran.
c) Matikan kompor gas, segera putus aliran gas dan instalasinya atau lepaskan slang aliran gas dari tabungnya.
d) Matikan aliran lampu listrik dari sumbernya.
e) Turunkan benda-benda berat yang tergantung di tembok yang mungkin dapat menjatuhi orang.
f) Siapkan barang-barang ringan untuk kebutuhan pokok yang mudah dibawa dan obat-obatan ringan untuk keperluan paling tidak 3 hari jika anda pindah ketempat yang jauh.
g) Waspadai tsunami jika anda tinggal dekat pantai.
h) Waspadai gempa bumi susulan. Walaupun kekuatan gempa bumi susulan lebih kecil dari pada gempa utamanya, tetapi beberapa getaran bisa menambah kerusakan struktur bangunan. Tinggalkan rumah atau bangunan yang telah mengalami perubahan struktur karena gempa bumi utama.

3. Untuk menghadapi sewaktu-waktu terjadi gempa, apa yang harus dilakukan pada saat ini.

Sebaiknya anda tahu daerah atau tempat-tempat rawan gempa bumi. Jika anda berada didaerah rawan gempa bumi, maka hal-hal yang berkaitan dengan timbulnya kerusakan atau korban akibat gempa bumi harus disiapkan. Mencegah terjadinya gempa adalah hal yang tidak mungkin. Demikian pula meramalkan kapan gempa bumi akan terjadi juga merupakan pekerjaan yang sangat sulit. Untuk itu yang perlu dilakukan adalah memperkecil kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi, misalkan memperkuat konstruksi bangunan rumah tinggal sesuai dengan konstruksi tahan gempa. Bangunan rumah dengan menggunakan bahan kayu adalah salah satu contoh konstruksi tahan gempa. Pastikan barang-barang berat perabot rumah tangga anda dalam keadaan aman, tidak akan menjatuhi anda pada saat anda berada didalam ruangan atau pada saat anda sedang tidur. Sumber: BADAN METEOROLOGI DAN GEOFISIKA.

Comments are closed.