Lagu Indonesia Raya versi pertama ditemukan???

Saat ini tepat menjelang hari kemerdekaan republik ini yang ke 62 tahun, masyarakat sedang ramai memperbincangkan perihal ditemukannya lagu Indonesia Raya versi pertama.

Versi ini lebih panjang liriknya, dibanding dengan lagu Indonesia Raya yang kita tahu sekarang.

Berikut ini lirik versi tersebut

Stanza 1:

Indonesia Tanah Airkoe Tanah Toempah Darahkoe
Disanalah Akoe Berdiri ’Djadi Pandoe Iboekoe
Indonesia Kebangsaankoe Bangsa Dan Tanah Airkoe
Marilah Kita Berseroe Indonesia Bersatoe

 

Hidoeplah Tanahkoe Hidoeplah Negrikoe
Bangsakoe Ra’jatkoe Sem’wanja
Bangoenlah Djiwanja Bangoenlah Badannja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)

Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 2:

Indonesia Tanah Jang Moelia Tanah Kita Jang Kaja
Disanalah Akoe Berdiri Oentoek Slama-Lamanja
Indonesia Tanah Poesaka P’saka Kita Semoenja
Marilah Kita Mendo’a Indonesia Bahagia

 

Soeboerlah Tanahnja Soeboerlah Djiwanja
Bangsanja Ra’jatnja Sem’wanja
Sadarlah Hatinja Sadarlah Boedinja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)

Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja

Stanza 3:

Indonesia Tanah Jang Seotji Tanah Kita Jang Sakti
Disanalah Akoe Berdiri ’Njaga Iboe Sedjati
Indonesia Tanah Berseri Tanah Jang Akoe Sajangi
Marilah Kita Berdjandji Indonesia Abadi

 

S’lamatlah Ra’jatnja S’lamatlah Poetranja
Poelaoenja Laoetnja Sem’wanja
Madjoelah Negrinja Madjoelah Pandoenja
Oentoek Indonesia Raja

(Reff: Diulang 2 kali, red)

Indonesia Raja Merdeka Merdeka Tanahkoe Negrikoe Jang Koetjinta
Indonesia Raja Merdeka Merdeka Hidoeplah Indonesia Raja.

(Hasil googling)

Menurut gw sih versi ini lebih dalam banget, lebih menyentuh ke kalbu hehhee🙂

Walo rada panjang banget syair nya. Yang gw heran sih katanya Om Roy Suryo menemukan warisan sejarah ini dari server belanda. Loh kok ditangan penjajah, ada yang bisa bantu menjelaskan tidak ya?

Walaupun disana sini banyak perdebatan masalah lirik ini mana yang asli or pro kontra lagu mana yang akan tetap dipakai. Gw sih bersyukur banget karena masih banyak orang2 yang care dengan sejarah bangsa ini , maksud ku rasa nasionalisme nya masih tinggi hihii.

Tapi jujur loh waktu liat video rekaman lagu versi ini, rasanya gimana gitu, bagaimana para pejuangan kemerdekaan kita kali ya kalo mereka masih hidup.

Karena kita dah merdeka makanya jangan disia-siakan kemerdekaan ini dengan foya-foya🙂

Inget ya bo, dengan perjuangan pahlawan-pahlawan kita yang dah mati-matian berkorban nyawa buat kita-kita semua.

2 responses to “Lagu Indonesia Raya versi pertama ditemukan???

  1. Ah Roy Suryo … Cuma cari sensasi doang !!
    Pakar kok minta bantuan Tim Air Putih …aneh 8-}8-}

  2. Sebenarnya sih itu cuma ulah si roy saja dan tim merah putih. buktinya mengapa cari dibelanda ! dimusium solo saja loh ada rekaman dan lagunya. lagu indonesia itu diubah dan dipotong menjadi satu stanza pada tahun 1976. kalau mau tahu sejarah lagu indonesia cari buku dengan judul Indonesia Tanah Air Koe

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s