Tips & Trik memasak bag 1

Trik Mengurangi Percikan Minyak

Minyak yang sangat panas cenderung memercik ketika menggoreng makanan di wajan. Anda sering terkena percikkan minyak saat menggoreng ayam atau ikan? Ada cara jitu untuk menghindarinya. Sebelum anda menggoreng, sebaiknya masukkan dulu dua atau tiga iris jahe ke dalam wajan yang telah terisi minyak. Minyak akan berhenti memercik secara perlahan dan memberikan aroma sedap untuk masakan anda.
Manfaat Lain Daun Sereh

Bila gunting anda tumpul mungkin karena karatan dan sebagainya, jangan keburu di buang, cara mengasahnya amat mudah. Ambil beberapa batang daun sereh, guntinglah batang-batang daun sereh itu dengan gunting anda yang tumpul tadi. Lakukan berulang-ulang sampai akhirnya gunting anda tajam kembali. Selamat mencoba.

Agar Stenlies Tetap Berkilau

Peralatan kita yang terbuat dari stenlies terkadang bernoda sehingga kurang terlihat cantik. Agar peralatan dari stenlies itu berkilau kembali, ikuti resep berikut ini : Ambil lap yang bersih, basahi sebagian lap tersebut dengan cuka, gosok-gosokan lap tersebut ke stenlies yang bernoda, lakukan hal ini berulang-ulang sampai nda tersebut hilang. Niscaya stenlies anda akan berilau kembali.

Menghilangkan Bau Saat Menggoreng Ikan Asin

Seringkali seluruh rumah akan terasa bau khas ikan asin jika anda sedang menggorengnya, untuk menghindari hal tersebut lakukanlah hal mudah berikut ini. Panaskan minyak diatas wajan, setelah minyak panas masukkan satu sendok ketumbar kemudian gorenglah ikan asin anda, segera anada akan terbebas dari bau khas ikan asin.

Mengupas Bawang merah Agar Tidak Pedas Dimata

Jika anda mengupas bawang merah yang banyak, biasanya mata akan menjadi perih dan berair seperti orang sedang menangis. Agar mata anda tak perih ketika mengupan bawang merah, lakukan cara mudah berikut ini. Tusukkan satu buah bawang merah diujing pisau, dan selama anda mengupas bawang, biarkan bawang tersebut tetap tertancap ditempatnya hingga anda selesai mengupas bawang merah.

Cengkeh Pengusir Semut

Ambil 3 samapi empat buah cengkeh (yang masih berwarna hijau lebih baik), letakan cengkeh tersebut pada gula anda yang di rubungi semut, secara perlahan semut-semuttersebut akan menghindar dan gula andapun kembali bersih.

Daun Bambu Pembersih Kulit ikan

Kulit ikan basah sulit dibersihkan karena licin. Untuk mengatasi keluhan tersebut, ambil beberapa daun bambu yang masih hijau. Masukan ikan dan potongan daun bambu kedalam sebuah wadah. Remas-remas ikan dengan daun bambu seperti mencuci beras. Bilas dengan air bersih beberapa kali. Hasilnya kulit ikan menjadi kesat (tidak berlendir)dan bau anyirnya berkurang.

Mengatasi Bau Tengik Toples

Meskipun sudah di cuci, sering kali toples atau kaleng yang sudah lama tak diipakai akan tetap berbeu tengik. Ada cara untuk mengatasinya. Bakar kertas koran, kemudian masukan kedalam toples atau kaleng tadi. Tutuplah sebentar kira-kira lima menit, setelah itu buanglah kertas koran bakaran tadi dan bersihkan. Bau tengik itu niscaya hilang.

Menghilangkan Bau Minyak tanah

Bau minyak tanah memang tidak mudah hilang, walaupun sudah dicuci dengan sabun beberapa kali namun baunya tetap menempel di tangan kita. Untuk mengatasinya, lakukan dengan cara berikut : ambil sedikit minyak goreng, usapkan ke seluruh telapak tangan, gosok-gosok sebentar kemudian cuci dengan sabun hingga bersih, niscaya tangan anda terbebas dari bau minyak tanah.

Hilangkan Bau Mulut Setelah Makan Petai

Bau mulut setelah makan jengkol atau petai tentu akan merisaukan anda jika anda penggemar makanan tersebut, untuk mengatasinya ikutilah cara mudah dibawah ini. Setelah anda menikmati petai atau jengkol favorit anda, segera makanlah brem, langsung aroma jengkol dan petai akan hilang. Maka simpanlah selalu brem di rumah.

Cara Melunakkan Daging

Agar daging yang anda masak tidak terlalu keras dan lebih enak, cobalah cara berikut ini. Ambil daun papaya dua lembar, cuci bersih, kemudian bungkus daging yang sudah dipotong dengan aun papaya selama 15-20 menit. Selanjutnya silakan anda memasak daging tersebut sesuai selera anda.

Sayuran Agar Awet Segar

Untuk menjaga sayuran yang kita beli agar awet segar bisa dimasukkan dalam lemari es. Jika anda tidak mempnyai lemari es, ada cara sederhana agar sayuran tersebut tetap awet segar. Caranya sebagai berikut : Siangi sayuran tersebut, cuci bersih, bungkus dengan selembar koran masukkan dalam kantong plastik, letakkan di tempat sejuk. Niscaya sayuran anda akan awet segar.

Menghilangkan Bau Pedas Cabe

Ketika kita sedang menggoreng cabe, aromanya sangat menyengat dan menganggu penciuman. Untuk menghilangkan bau yang tajam tersebut, lakukan dengan cara berikut ini. Ambil gula pasir sebanyak setengah sendok, taburkan kedalam minyak yang telah dipanaskan, kemudian masukkan cabe, Niscaya cabe yang anda goring tidak menngeluarkan bau menyengat.

Jagung/ Singkong Rebus Lebih Gurih

Anda menginginkan jagung/ singkong yang anda rebus terasa lezat ? Jika jawabannya iya, maka ikuti resep berikut ini. Ambil air kelapa secukupnya, masukkan singkong/ jagung ke dalamnya, lantas rebus hingga setengah matang. Kemudian tambahkan garam secukupnya dan terus rebus hingga masak benar. Niscaya anda akan mendapatkan jagung/ singkong yang gurih nan istimewa.

Nasi Dalam Magic Jar Tetap Sedap

Nasi yang disimpan dalam magic jar lebih dari sehari, biasanya akan berbau kurang sedap dan berwarna agak kuning. Untuk mengatasi hal ini lakukan seperti petunjuk berikut ini : waktu menanak nasi, masukkan beberapa helai pandan, setelah nasi matang angkatlah, dinginkan sambil diaru sebentar. Masukkan sehelai kain lap bersih kedalam dasar magic jar, setelah itu masukkan nasi kedalam magic jar, tutup rapat. Niscaya nasi yang anda simpan dalam magic jar tetap sedap dan tahan lama.

Membedakan Madu Asli Dan Palsu

Jika anda ingin membeli madu, hati-hati jangan sampai tertipu mendapatkan madu tiruan, untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana saja. Coba cara berikut ini : teteskan madu tersebut di atas kertas koran, jika setelah selesai ditetesi dan ternyata lapisan bawah Koran tidak basah berarti madu tersebut asli, sebaliknya jika lapisan bawah kertas koran basah maka madu tersebut tidak asli.

Emping Harum

Emping memang berbau khas dan sedap. Namun, agar emping berbau lebih sedap lagi, ikutilah cara-cara berikut ini. Ambil beberapa siung bawang putih lalu kupas dan cuci. Tumbuk halus, beri segelas air dan sedikit garam. Aduk rata, lumuri emping dengan larutan itu lalu jemur sampai kering. Gorenglah dalam minyak yang cukup, niscaya emping anda akan berbau harum dan menggugah selera.

Agar Santan Tidak Pecah

Saat anda memasak dan memerlukan santan, pasti anda melakukan pengadukan secara rutin. Sebab bila tidak, santan akan pecah dan masakan anda terlihat kurang sedap dipandang mata. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada cara sederhana agar santan tidak pecah meski jarang anda aduk. Caranya, ambil satu lembar kecil daun pisang yang sudah dibersihkan. Masukkan dalam masakan yang sudah diberi santan, panasi dengan api kecil hingga mendidih. Niscaya santan anda tidak akan pecah meski jarang anda aduk.

Agar Nasi Tahan Lama

Sayang rasanya harus membuang nasi kemarin yang ternyata sudah tidak dapat dimakan lagi. Terkadang nasi yang anda masak cepat kuning dan basi. Untuk mengatasi masalah ini, lakukan dengan cara berikut. Cobalah untuk mentetesi air jeruk nipis dan berikan 3 lembar daun pandan ke dalam wadah yang akan digunakan memasak nasi. Lalu beri air secukupnya, masukkan beras, rebus hingga nasi benar-benar masak. Dengan begitu nasi akan pulen, wangi dan tidak mudah basi.

Menghilangkan Bau Amis

Setelah membersihkan ikan, udang dan lainnya, terkadang bau amis masih saja melekat di tangan anda. Anda kesal karena bau amis di tangan tidak kunjung hilang, kendati anda sudah mencucinya dengan sabun. Anda bisa coba cuci dengan menggunakan pasta gigi sebanyak yang anda gunakan untuk menggosok gigi. Karena senyawa di dalam pasta gigi yang mengharumkan nafas juga bisa menghilangkan bau dari kulit. Caranya, oleskan pasta gigi lalu diamkan selama 5 menit. Cuci bersih dan bau amis akan hilang.

About these ads

3 responses to “Tips & Trik memasak bag 1

  1. terimakasih ya…ibuku udah kuberitahu dan dicoba ternyata…
    berhasil…
    berhasil…

  2. Tips sederhana tapi sangat bermanfaat kak

  3. Nice info…. tetap berkarya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s