Alhamdulillah sebulan sudah usia Najwa

8 september 2010 putri ku yang sholehah berusia sebulan. tak terasa sebulan sudah bersamanya. perjuangan menjadi seorang ibu lebih berat di banding pengalaman melahirkan. maaf bukanya sombong karena telah merasakan pengalaman melahirkan yang pertama dalam hidupku. mengapa berat karena setelah melahirkan perjuangan selanjutnya adalah menyusui, hari pertama melahirkan aq tak menemukan keluhan berarti karena lahiran secara spontan sudah dapat melakukan segala akifitas. hari pertama setiap suster berkunjung ke kamar aq tak pernah absen menanyakan dimana bayiku, masih di inkubator untuk penyesuaian suhu tubuhnya.

Malamnya putri sholehah ku dibawa suster ke kamar, belajar menyusui dan gagal dengan sukses apalaagi aq kesakitan waktu dipencet ma suster yang ngajarin menyusui. Ya udah belajar menggendong dan mengambil bayi dari kasur dulu. Suami ku dengan sukses berhasil dan lebih berani dari aq, hiks aq masih belum berani. Karena rooming in malam itu lah resmi kami tidur bertiga di kamar 212 RS Bunda margonda. Walau ditengah malam suster bayi membawa najwa keruang bayi untuk di cek. Hari kedua ada demo belajar memandikan bayi, melihat najwa anteng di box bayi, masih merasa percaya gak percaya dia titipan Allah yang telah ku lahirkan.

Hari kedua najwa masih senang tidur susah dibangunkan, apa karena kita gak tega ya banguninnya. Pembelajaran menyusui nya masih belum sukses, tapi sedikit-sedikit sudah dirangsang najwa. Saat hari ketiga, ibunya sudah boleh pulang karena sudah dinyatakan sehat, tapi menurut DSA najwa harus menginap lagi 2 malam karena bilirubinnya tinggi. Asi nya gimana bu, hiks langsung berusaha mikir dan nyoba pke pompa untuk keluarin asi, karena bayi memang punya cadangan lemak selama 3 hari kuat tanpa asupan apa pun.

Mencoba medela electric punya rumah sakit hampir setengah jam hanya setetes kolostrum yang keluar. Akhirnya hanya bisa mencoba najwa merangsang selama dia di sinar. Keesokan harinya, langsung beli medela harmony beserta botolnya untuk mengirimkan asi. Hampir putus asa sebelumnya dan hampir memberikan susu formula dan tanda tangan karena gak tega najwa belum dapet asi dan tekanan kanan kiri, alhamdulillah dapet input dari suster bayi kalau asi nya dia baru keluar seminggu sesudah melahirkan dan si kembarnya pun harus di sinar. Jadi optimis deh, hasil pompaan pertama mendapatkan 10ml colostrum hasil pompa selama 2 jam. Langsung deh malam itu mengirimkannya kerumah sakit, sedikit tapi berharga.

Alhamdulillah esoknya najwa sudah turun bilirubinnya dan bisa berkumpul kembali. Dirumah berusaha menyusukan dan memompa. Seminggu kemudian kontrol dan hasilnya najwa kembali kuning, bahkan hiperbilirubin hiks

2 responses to “Alhamdulillah sebulan sudah usia Najwa

  1. congrates ya pus atas kelahiran putri pertama nya… semoga selalu sehat dan yg pasti jadi anak yang soleha seperti doa orang tua nya. amin.

    ::Pipit::

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s